Jembatan Kajar Kuning Mudahkan Akses Lumajang-Malang
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Jembatan Kajar Kuning Mudahkan Akses Lumajang-Malang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meresmikan secara langsung Jembatan Kajar Kuning, di Desa Sumberwuluh, Kec Candipuro, Kab Lumajang Jumat (20/08).

Keberadaan jembatan ini merupakan bukti sinergi antara Pemerintah dan stakeholder demi memulihkan akses yang menjadi salah satu faktor pengungkit pemulihan ekonomi. Sehingga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dari Lumajang ke Malang.

Jembatan yang dibangun melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Aurum Infinitium Solaris ini merupakan wujud sinergi pemerintah dan swasta untuk mengungkit pemulihan ekonomi pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Seperti diketahui, erupsi tersebut antara lain mengakibatkan putusnya Jembatan Geladak Perak yang menghubungkan akses Lumajang – Malang.

Atas diresmikannya operasional jembatan ini, Gubernur Khofifah berharap akses ekonomi serta mobilitas masyarakat sekitar menjadi lebih mudah dan lancar.

“Semoga jembatan darurat ini bisa berdampak baik pada peningkatan mobilitas masyarakat Lumajang utamanya yang akan ke Malang,” ungkap Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Jembatan penghubung darurat ini merupakan jalur pengiriman logistik ke wilayah Pronojiwo dan Tempursari. Mengingat, Jembatan Gladak Perak sebagai akses utama masih dalam proses perbaikan.

“Insyaallah Jembatan Gladak Perak akhir tahun selesai pembangunannya dan bisa digunakan kembali,” ujar Khofifah sapaan lekatnya

Selain sektor ekonomi yang dipercaya Khofifah bangkit dengan adanya jembatan ini, ada pula sektor pendidikan yang turut ikut beriringan didalamnya.

Sebagai informasi Jembatan Kajar Kuning telah dibangun sejak Februari lalu dan selesai dibangun dalam jangka waktu 6 bulan. Peresmian dilakukan dengan menandatangani prasasti peresmian dan pemotongan pita di Jembatan oleh Gubernur Khofifah didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan CEO PT Aurum Infinitum Solaris Cylvie Nuraini Isa. (ita)