Layanan Terintegrasi Digelar Tiap Bulan
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Layanan Terintegrasi Digelar Tiap Bulan

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah bakti sosial (baksos) Penyaluran Pelayanan Terintegrasi yang dilaksanakan mulai tanggal 17 – 25 Mei 2022.

Dalam kegiatan baksos tersebut, ada beberapa fasilitas pelayanan masyarakat, mulai dari donor darah, konsultasi kesehatan hingga lapak UMKM.

Penyaluran Pelayanan Terintegrasi itu sebelumnya digelar di berbagai wilayah di Surabaya, diantaranya berada di Kecamatan Sawahan, Bubutan, Tambaksari, Krembangan dan Pakal.

Sedangkan pada tanggal 25 Mei 2022 digelar di halaman kantor Balai Kota Surabaya dan dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono serta Sekretaris Daerah Hendro Gunawan, juga jajaran PD Pemkot Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam sambutannya mengatakan, di HJKS ke 279 ia ingin ada perubahan di Kota Pahlawan, mulai dari perubahan pelayanan masyarakat, fasilitas publik, wisata dan lain sebagainya.

“Contohnya seperti donor darah dan pelayanan kesehatan saat ini, kita harus saling tolong menolong sesama umat,” kata Eri Cahyadi di halaman Balai Kota, Rabu (25/05).

Bukan hanya dalam memperingati HJKS saja digelar baksos seperti saat ini, Eri juga ingin kegiatan tersebut digelar setiap satu bulan sekali di masing-masing kecamatan. Menurutnya, kegiatan ini sebagai tanda kedekatan antara Pemkot Surabaya dengan warganya.

“Semangat HJKS ini lah yang kemudian dijadikan perubahan dan semangat baru Kota Surabaya dalam melayani masyarakat. Harusnya, setelah HJKS semangat yang ada saat ini terus digaungkan, untuk kepentingan umat,” ujar Eri.

Eri tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Surabaya Nanik Sukristina, telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Pahlawan. Bahkan, Eri sempat menerima ucapan terima kasih melalui pesan singkat Whatsapp dari warganya yang sempat ikut dalam pelayanan kesehatan tersebut.

“Semoga dengan pelayanan ini, bisa membantu masyarakat Surabaya. Saya harap tali silaturahmi seperti yang terjalin seperti saat ini bisa berlanjut hingga seterusnya,” imbunyanya.

Disamping itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, dalam kegiatan ini ada beberapa pelayanan kesehatan dan donor darah untuk masyarakat, karyawan pemkot serta anak sekolah.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini ada pelayanan kesehatan yang meliputi kesehatan umum dan spesialistik, serta masih banyak lainnya. Dalam kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Surabaya kali ini menyasar sekitar 100 – 150 orang.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat. Seperti pada sebelumnya yang telah kami digelar di lima titik kecamatan di Surabaya,” kata Nanik.

Diketahui sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Penyaluran Pelayanan Terintegrasi dalam rangka HJKS ke-729 ini dilaksanakan di lima lokasi yang berbeda. di Jalan Kupang Gunung Timur I Putat Jaya, RW 02 Jepara, Gelanggang Remaja Tambaksari, Jalan Dupak Bangunsari 04 Krembangan dan Taman Cahaya Pakal .

“Alhamdulillah dengan adanya pelayanan terintegrasi banyak masyarakat terbantu, bahkan Pak Wali sampai menerima banyak ucapan terima kasih dari warganya melalui pesan singkat Whatsapp,” pungkasnya. (ita)