Masyarakat Indonesia Rindukan Piala Sudirman
OLAHRAGA

Masyarakat Indonesia Rindukan Piala Sudirman

Kerinduan publik tanah air akan kejayaan Indonesia di pentas Piala Sudirman sudah memasuki tiga dekade, sejak terakhir kali juara pada 1989 lalu.

Tahun ini, para patriot Merah Putih akan kembali berjuang merebut supremasi kejayaan bulutangkis Indonesia berbekal materi pemain yang mumpuni dan berkualitas.

Dalam beberapa hari kedepan, tim Indonesia akan bertolak ke Nanning, Tiongkok untuk berlaga di ajang Piala Sudirman 2019.

Jelang keberangkatan, Ketua Umum PP PBSI, Wiranto, meminta doa dan restu dari masyarakat Indonesia agar tim yang dipimpin kapten Hendra Setiawan ini bisa meraih sukses dan membawa Piala Sudirman kembali ke tanah air.

“Kerinduan untuk membawa kembali Piala Sudirman sudah sedemikian dalam. Bukan hanya kita yang merindukan Piala Sudirman, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia,” kata Wiranto pada acara Pelepasan Tim Piala Sudirman 2019 yang berlangsung di Hotel Century, Senayan, Jakarta.

“Kita mohon doa dan restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar atlet-atlet kita yang berjuang di Tiongkok, mudah-mudahan dapat membawa kembali Piala Sudirman ke Indonesia,” imbuhnya.

Indonesia sendiri baru sekali mengoleksi gelar juara di Piala Sudirman 1989 silam, tepatnya pada lambang supremasi ini mulai dipertandingkan untuk pertama kalinya.

Dalam sambutannya, Wiranto juga berharap bila Hendra Setiawan cs harus memiliki semangat juang yang tinggi demi mengembalikan kejayaan seperti pada 30 tahun lalu.

Sejarah di Piala Sudirman 1989 ini menurut Wiranto, bisa menjadi sumber inspirasi yang bisa kita jadikan pelajaran terutama untuk para atlet yang beberapa hari lagi akan berangkat.

“Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita berusaha, kalau kita gigih dan dengan dibantu pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, pasti bisa. Bukan hanya teknik dan skill saja, atlet harus punya semangat dan mental baja, tidak menyerah dan tertanam dalam diri bahwa kita mampu mengatasi setiap lawan yang dihadapi,” tuturnya menyemangati.

Sementara itu, acara pelepasan tim Piala Sudirman 2019 ini juga bertepatan dengan syukuran HUT PBSI ke-68. Menginjak usia PBSI ke-68 ini, Wiranto juga berharap PBSI dapat mengembalikan kejayaan bulutangkis.

Dituturkan Wiranto, Indonesia telah mengalami peningkatan prestasi dari tahun ke tahun di nomor perorangan. Pada 2017 lalu, ada 38 gelar yang berhasil diraih, kemudian ada peningkatan di tahun berikutnya menjadi 51 gelar. Sedangkan di 2019 ini sudah terkumpul 18 gelar juara. (ist)

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2019:

Putra
– Jonatan Christie
– Anthony Sinisuka Ginting
– Shesar Hiren Rhustavito
– Kevin Sanjaya Sukamuljo
– Marcus Fernaldi Gideon
– Hendra Setiawan
– Mohammad Ahsan
– Fajar Alfian
– Muhammad Rian Ardianto
– Tontowi Ahmad
– Praveen Jordan
– Hafiz Faizal

Putri
– Gregoria Mariska Tunjung
– Fitriani
– Greysia Polii
– Apriyani Rahayu
– Ni Ketut Mahadewi Istarani
– Gloria Emanuelle Widjaja
– Melati Daeva Oktavianti
– Winny Oktavina Kandow