Naiknya Nilai Ekonomi Serai Wangi
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Naiknya Nilai Ekonomi Serai Wangi

Kembali memperoleh prestasi di ajang nasional, mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil mendapatkan pendanaan dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kemdikbud Ristek RI.

Ilham Ahmad Kamil, Mohamad Satria Jagad, Ahmad Rizqi Fahrozi, Syarifah Fildzah Shahab, dan Putri Nabilah mencetuskan BLAIR, usaha yang bergerak dalam bidang teknologi terapan.

Ilham sebagai ketua kelompok menjelaskan, BLAIR terinspirasi dari keinginan untuk membantu menaikan nilai ekonomi dari minyak serai wangi.

“Sehingga di sini kami membantu mengolahnya menjadi produk jadi dengan nilai ekonomis yang tinggi, sehingga kami membeli minyak dari petani dengan harga yang tidak jatuh,” jelasnya.

Tim bimbingan Diansanto Prayoga SKM M Kes dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) itu telah menginovasikan minyak serai wangi menjadi beberapa produk siap pakai. Di antaranya multi linen spray 230Ml, multi linen spray 60Ml, reed diffuser, sabun organik, hingga essential oils.

Tak hanya bertujuan untuk memberdayakan petani serai wangi, bisnis ini juga membawa misi khusus untuk meningkatkan kesejahteraan warga Desa Banjaragung, Jember.

“Kami juga memberdayakan masyarakat setempat untuk melakukan pengemasan produk dan hal-hal yang diperlukan, sehingga selain petani, kami juga berharap dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa,” jelas mahasiswa asal Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) UNAIR itu.

Selain memberikan dampak bagi masyarakat, BLAIR juga mengutamakan keunggulan kualitas dan manfaat dari produk-produk yang dibuatnya. Bergerak di sektor kesehatan, produk olahan serai wangi dapat bermanfaat untuk relaksasi, dan menurunkan tingkat stress.

Konsumen juga dapat menggunakan olahan serai wangi secara mudah, karena beragam produk BLAIR dirancang untuk dapat digunakan sehari-hari. Demi mempermudah konsumen melakukan pemesanan, mendapatkan produk, serta berkonsultasi dengan admin BLAIR, optimasi pemasaran via marketplace juga dilakukan.

Dalam memajukan bisnis yang telah dirintis, Ilham dan kawan-kawan berencana melengkapi legalitas dan mulai mengembangkan produk-produk baru demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Ilham berharap, BLAIR dapat mencapai tujuan dari bisnis ini yakni memberikan dampak yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, yaitu melingkupi petani serai wangi, masyarakat setempat, hingga konsumen BLAIR.

“Kami memiliki keyakinan bahwa dari setiap penjualan produk BLAIR, terdapat doa para petani serai wangi Kabupaten Jember,” sebutnya. (ita