PSM – Kiostix Kerjasama Manajemen Tiket
OLAHRAGA

PSM – Kiostix Kerjasama Manajemen Tiket

Perusahaan manajemen tiket KiosTix dan klub sepakbola Persatuan Sepakbola Makassar (PSM Makassar) sepakat menjalin kerjasama manajemen tiket dan penjualan tiket pertandingan untuk kompetisi PSM Makassar dalam ajang Asian Football Championship (AFC) 2019 dan untuk kompetisi PSM Makassar dalam Liga I/2019-2020.

Kesepakatan kerjasama ini untuk manajemen tiket dan penjualan tiket pertandingan home di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar selama musim kompetisi Liga I/2019-2020, dan untuk pertandingan PSM Makassar dalam AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor.

“Tiket online untuk ajang AFC 2019 saat ini sudah bisa dibeli melalui website KiosTix, begitu juga dengan tiket PSM Makassar dalam Liga 1 mendatang,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix.

Musim ini, PSM Makassar lolos mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang kompetisi sepakbola bergengsi AFC 2019, yang akan menggunakan Stadion Pakansari, Bogor, untuk menjamu lawan-lawan-nya klub-klub juara utama liga sepakbola profesional dari negara-negara anggota Asean.

Kebijakan pembelian tiket secara online ini, sudah diuji-cobakan untuk pertama kali pada pertandingan kandang antara PSM Makassar melawan klub asal Laos, Lao Toyota FC, pada tanggal 13 Maret 2019, di Stadion Pakansari, Bogor. Dan ternyata berjalan lancar, dan disambut antusias oleh para penonton maupun suporter PSM Makassar.

“Pemberlakuan tiket online ini tentunya akan memudahkan para penonton maupun suporter yang ingin menyaksikan laga. Pembeli cukup melakukan pemesanan via online, kemudian mencetak bukti pembelian itu yang sudah memiliki tanda barcode. Sehingga antrian panjang pembelian tiket bisa terhindarkan,” kata CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, waktu itu.

Sukses saat uji coba, membuat layanan tiket online kemudian diperluas untuk pembelian tiket online bagi pertandingan PSM Makassar pada ajang Liga 1 di Stadio Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

“Untuk pertandingan Liga 1, kompetisi akan dimulai pada awal Mei 2019 ini,” tambah CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, di Makassar (4/5).

“Kami senang bisa dipercaya sebagai mitra manajekem tiket PSM Makassar yang merupakan salah satu klub sepakbola terbesar di Indonesia dengan suporter jutaan orang terutama warga Sulawesi Selatan,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix.

“Semoga layanan tiket online ini akan memudahkan penonton sepakbola dan suporter PSM dalam mendapatkan tiket, merencanakan menonton, dan memberikan dukungan pada klub kesayangan,” imbuhnya.

Menurut Andhika, untuk melayani sistem tiket PSM Makassar ini, KiosTix akan menggunakan tiket gelang (wristband) yang terjamin dari segi kualitas tiket maupun segi keamanannya.

Tiket gelang produksi KiosTix memiliki sejumlah keunggulan dibanding jenis tiket yang lain, diantaranya dilengkapi sejumlah lapisan keamanan/security layer. Sehingga tiket tidak dapat dipalsu, dan diperjual belikan tidak resmi.

Untuk mendapatkan tiket, penonton pertandingan PSM Makassar bisa membeli tiket secara online melalui website KiosTix, dengan sejumlah model pembayaran seperti dengan menggunakan kartu kredit maupun transfer bank.

“Saat ini sudah hampir semua tiket event di Indonesia, sudah dijual secara online. Jadi para penonton sepakbola di Indonesia dan suporter PSM Makassar pasti juga sudah mengenal sistemnya,” tambahnya.

Selain dengan PSM Makassar, KiosTix saat ini juga menangani manajemen tiket dan penjualan tiket event-event besar lain, seperti konser musik, pertandingan olahraga, dan paket wisata. KiosTix merupakan perusahaan spesialis sistem tiket di Indonesia.

Beberapa event besar yang pernah digarap KiosTix diantaranya Asian Games 2018, Soundrenaline, Wave of Tomorrow, Asian Football Champions (AFC) 2016, Kenny G Concert, Soundsations, Raisa Intimade Concert, Konser Iwan Fals, Beyond Border Festival (BBF), dan lain-lain.

Menurut Andhika Soetalaksana, Kiostix merupakan pionir start-up sistem tiket online di Indonesia. Berdiri sejak 2012. Sampai kini sudah menangani lebih 900 event dan menjual lebih 10 juta tiket.

Dengan menggunakan teknologi sistem tiket paling mutakhir seperti tiket thermal, wristband, dan penjualan online lewat www.kiostix.com maupun tiket box. (ist)