Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka
KOMUNITAS PERISTIWA

Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo meninjau langsung kegiatan Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka Tahun 2023 yang digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, pada Selasa (15/08). Berseragam Pramuka lengkap, Presiden dan Ibu Iriana tiba di lokasi kegiatan sekitar pukul 07.26 WIB.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso. Setelah itu, Presiden yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka, meninjau lapangan utama Raimuna Nasional tersebut.

Selanjutnya, Presiden dan Ibu Iriana juga meninjau area ketahanan pangan yang terdiri atas area perkebunan dan peternakan. Di samping itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga menyempatkan berdialog dengan sejumlah anggota Pramuka terkait pemeliharaan tanaman dan pemanfaatan barang bekas.

Raimuna Nasional merupakan kegiatan pesta pertemuan bagi anggota Pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun sekali dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan antarsuku dan budaya, meningkatkan jiwa nasionalisme, memperkenalkan keberagaman Indonesia, serta memperkuat rasa memiliki sesama anggota Pramuka.

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 mengusung tema “Bangun Generasi Kita” atau disingkat “BANGKIT”. Kegiatan yang diikuti sekitar 17 ribu peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Senin, 14 Agustus 2023 dan akan berlangsung selama delapan hari hingga tanggal 21 Agustus 2023.

Pada Raimuna Nasional XII tersebut, para peserta juga dapat mengikuti sejumlah program seperti Kampus Bangkit, Magang Bangkit, Kuliner Nusantara, Beranda Nusantara, hingga jumpa tokoh-tokoh inspiratif. (setpres)