Santri Rilis NUHub Digital Valley
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Santri Rilis NUHub Digital Valley

Memperingati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2020 mendatang Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan “NUHub Digital Valley” di Surabaya. Tujuannya tidak lain meningkatkan peran santri menghadapi beratnya tantangan di era globalisasi.

Mochamad Ghozali founder NUHub kepada wartawan mengatakan, jika salah satu tonggak sejarah hari ini adalah lahirnya ekosistem digital oleh santri melalui NUHub Sigital Valley. “Surabaya kita pilih sebagai ikon perjuangan resolusi jihad dalam mempertahankan NKRI dari tangan penjajah,” katanya, Jumat (16/10).

Mengambil lokasi di jalan Taman Bungkul 25 Surabaya, NUHub diharapkan mampu menjadi modulasi peran santri dalam berjejaring. Mengingat, NUHub juga menyediakan even space, working space, mentoring, incubators, startup hingga venture capital. “InshaAllah, NUHub sangat bermanfaat bagi masyarakat umum maupun para santri khususnya,” paparnya panjang lebar.

Tidak itu saja. Momentum Hari Santri Nasional tahun ini akan dimanfaatkan melaunching program Gerakan Nasional 1001 Startup Digital NU. Dimana, program tersebut sebagai upaya menggerakkan ekosistem digital.

Meski masih baru dilaunching, dalam NUHub telah bergabung beberapa tenant dan digital platform. Diantaranya Nusantara Ojek (NUJEK), Aplikasi Muslim NUKU, Himpunan Pengusaha Santri (HIPSI), Al Yasin Mart, Kyai Wahab Foundation, 99startup Ventura Capital, KOFIT serta Digiprener.com. Juga ada para startup bidang pendidikan dan kesehatan.

Ghozali yang juga faunder NUJek menambahkan, NUHub sengaja memilih lokasi di pusat kota selain untuk mempermudah jangkauan, juga dalam rangka digitalisasi usaha dan mendongkrak UMKM. (ita)