UKW Naikkan Citra Positif Industri Migas
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

UKW Naikkan Citra Positif Industri Migas

Uji kompetensi wartawan (UKW) bakal menaikkan citra positif industri migas di Indonesia, sebab berita tersebut berasal dari penulisan yang mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik.

Hal itu disampaikan Humas SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa) Amni Nadya saat memberikan sambutan pada pembukaan UKW PWI Jawa Timur, Angkatan ke -46 Tahun 2022, Sabtu (12/11) di Gedung PWI Jatim, Jl Taman Apasari 15-17, Surabaya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya SKK Migas untuk meminimalisasi adanya wartawan abal-abal atau sering disebut wartawan tanpa surat kabar,” papar Amni Nadya dengan tersenyum.

UKW PWI Jatim Angkatan ke-46 Tahun 2022 diselenggarakan PWI Jatim bekerjasama dengan SKK Migas. “Ini juga upaya bersama untuk meningkatkan profesionalisme wartawan sehingga berita yang ditulis akan tetap berada dalam kaidah jurnalistik,” kata Nadya.

Di samping meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan, UKW yang diselenggarakan selama dua hari –12-13 Nopember 2022— tersebut juga sebagai bagian dari tanggung jawab media agar berita yang ditayangkan tidak menimbulkan pecah-belah di kalangan masyarakat. “Pemberitaan yang baik akan menaikkan citra industri migas Indonesia,” tandasnya.

Ditambahkan, berdasar catatan media monitoring SKK Migas Jabanusa, hanya ada satu persen berita yang bersifat negatif, ada sembilan persen yang bernada netral dan 90 persen sisanya bernada postif. “Kami memberikan apresiasi atas hal tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim menyambut gembira kerja sama bersama SKK Migas tersebut. Menurutnya UKW diselenggarakan secara mandiri, sehingga kehadiran pihak ketiga seperti SKK Migas terrsebut benar-benar membantu wartawan berkesempatan mengikuti UKW. “Kami ucapkan terimaksih banyak kepada SKK Migas Perwakilan Jabanusa, atas dukungannya untuk membentuk Insan Pers yang profesional dan kompeten,” ucapnya. (ita)