Vania Santoso, Sociopreneur Muda heySTARTIC
PROFIL

Vania Santoso, Sociopreneur Muda heySTARTIC

Sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Narasi TV, Duo Budjang hadir bersama Vania Santoso. Seorang perempuan muda yang aktif menjalankan usahanya dalam bidang sociopreneur bernama heySTARTIC. Ia merupakan salah seorang alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga.

Kali ini Vania berkesempatan mengajak dan memperkenalkan bisnisnya kepada ribuan anak muda dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya.

Ia bercerita pengalamannya dalam mengikuti kompetesi Young Social Enterpreneurship (YSE) sebagai salah satu delegasi dari Indonesia yang diselenggarakan di Singapore International Foundation (SIF). Bukan hanya itu, Vania juga berhasil membawa pulang kemenangannya ke tanah air.

Pengalamannya dalam mengikuti berbagai kompetisi dan aktif dalam sebuah komunitas membuat Vania kian terlatih dan bersemangat. Khususnya dalam membuat usaha daur ulang sampah menjadi bisnis produk kreatif. Banyaknya sampah bertebaran dan lingkungan yang tidak bersih, membentuk Vania menjadi seorang aktivis lingkungan.

Vania mengungkapkan, pada awalnya, dirinya mendaur ulang sampah menjadi pernak-pernik seperti sabuk. Namun, produk itu kemudian berkembang menjadi sebuah tas dan dompet. Dibalik kesuksesannya tersebut, sebut Vania, ada suka duka yang dirinya bangun saat membangun bisnis berbasis sosial itu.

”Saya merintis bisnis ini dimulai dari saya membentuk sebuah komunitas lingkungan yang awalnya belum pernah dikenal oleh masyarakat. Sehingga ini juga menjadi kendala bagi saya dalam mengembangkan dan memperkenalkan produk ini kepada masyarakat yang bersikap acuh tak acuh,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, Vania mengungkapkan bahwa UNAIR memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan bisnisnya. Saat ini bisnisnya telah menghasilkan 90-100 produk setiap bulannya. Vania mengimbau anak muda milenial untuk menghasilkan karya kreatif yang ramah lingkungan.

Selain itu, Vania menyampaikan bahwa mahasiswa mempunyai kesempatan besar dalam mengikuti kompetisi. Tips meraih kesuksesan, bagi Vania, adalah aktif mengikuti lomba. Sebab, dengan itu, kita akan mempunyai banyak relasi dan modal pengalaman yang cukup dalam berbisnis.

Harapannya, akan banyak generasi muda ke depan untuk jeli terhadap permasalahan sosial. Terutama ikut serta berkontribusi serta berkolaborasi dalam menentukan segala solusi sosial keadaan masyarakat.

Adanya platform media social merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh anak muda. ”Mahasiswa UNAIR harus mampu mengambil peran dan posisi dalam melihat peluang masa depan,” tambahnya. (ita)