Wali Kota Risma Kembali Sidak GBT
OLAHRAGA

Wali Kota Risma Kembali Sidak GBT

Seakan tak ada kata libur bagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Buktinya, di akhir pekan ini, Wali Kota Risma kembali sidak untuk mengetahui progress perbaikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) beserta perbaikan di sekitar GBT.

Awalnya, Risma melakukan penanaman pohon sebanyak 100 pohon yang terdiri dari Pohon Trembesi, Flyamboyan dan Jaranan. Kemudian meninjau sekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Tidak lama setelah itu, ia bersama jajarannya bergeser keliling di dalam maupun luar tribun.

Risma didampingi Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Iman Krestian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Anna Fajriatin itu berkeliling memutari stadion sembari memberi arahan kepada masing-masing dinas yang terkait.

Saat tiba di sekitar TPA, Risma meminta kepada (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Anna Fajriatin untuk menanam pohon setinggi sekitar 2.5 meter yang difungsikan sebagai green belt.

“Jadi gini Bu, ini wajah depannya, sehingga harus bagus. Makanya dikasih tanah lebih tinggi lalu di tanami pohon,” kata Wali Kota Risma sembari menunjuk arah sekeliling TPA.

Risma menjelaskan nantinya pohon yang ditanami di sekitaran wilayah TPA adalah Pohon Trembesi, Flyamboyan, Palm Jepang, Palm Perak dengan ketinggian pohon kurang lebih 2.5 meter. Menurutnya, itu penting dilakukan agar pohon dan tanaman itu dapat menutupi tumpukan sampah, sehingga tampak lebih indah.

“Nanti trembesinya diletakkan di sini ya. Lalu juga menutup timbulan sampah dengan membran hitam sehingga tidak terlihat sampahnya,” jelas dia.

Senada dengan itu, kepada (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Anna Fajriatin mengatakan selain penanaman pohon di sekitaran TPA Benowo, Risma juga memberi arahan untuk memindahkan beberapa pohon yang ada tepat di depan stadion untuk digunakan sebagai perluasan lahan parkir.

“Sedangkan sisi luarnya beberapa pohon diletakkan paling luar dan ditanami rumput. Kita juga lakukan pembersihan secara bertahap,” kata dia.

Tidak hanya itu, Anna menegaskan untuk merampungkan pekerjaan itu, setiap harinya ia menugaskan satgasnya sebanyak 15–20 orang di area penanaman. Oleh karena itu, dia mentargetkan pada minggu ketiga Bulan Agustus akan selesai.

“Nanti juga kami turunkan 2 koordinator setiap hari untuk pengawasan. Itu bergiliran ya. Jadi diharapkan minggu ketiga Agustus penanaman ini selesai,” tegas Anna.

Risma juga meminta kepada Kabid DPRKP-CKTR Iman Krestian untuk mempercepat pengerjaan perbaikan. Mulai dari perbaikan toilet, pemasangan single seat, kamar mandi maupun sedikit perbaikan yang ada di depan pintu masuk.

“Arahan ibu tadi untuk menyelesaikannya secara pararel. Ini masih kita upayakan untuk semua bisa tersentuh dengan cepat. Namun yang jelas semua disesuaikan dengan standar yang ditentukan FIFA (Federation Internationale de Football Association). ” kata Imam seusai sidak.

Menurut Iman, informasi yang didapat terkait pemasangan single seat atau tempat duduk penonton ini akan berlangsung pada Agustus bulan ini. Bahkan menurut dia, sesuai arahan Wali Kota Risma nantinya para petugas yang mamasang kursi juga akan pararel dengan pengecatan area selanjutnya. “Jadi itu arahan ibu untuk mempercepat pengerjaan dan lebih rigid lagi,” pungkasnya (ita)